Cininta Setyami, Hobi Berbuah Profit

Interview with Cininta Setyami, Founder of C and Team

Senayan, EDU! Magazine

Berawal dari iseng hingga mendatangkan pundi-pundi uang. Di usianya yang masih belia, dia pun bisa sudah memiliki bisnis dengan omset yang sangat besar, lebih dari cukup untuk membiayai uang jajannya sendiri. Inilah yang dialami Cininta Setyami, mahasiswi BINUS INTERNATIONAL jurusan Accounting.

Bukan cuma itu, Cininta kini juga tengah bergelut dalam bisnis production house. “Aku punya production house di bawah bendera C and Team, yang memfasilitasi wedding, campaign product, print add dan lainnya. Kita menyediakan fotografer, videografer, fashion stylist, make up dan lain-lain. Di sana, aku menjadi konsultan sekaligus director, dan sejauh ini klien masih mempercayaiku.” ujar Cininta

Untuk masalah harga, Anda tidak perlu bingung. Sebab, Cita tidak kaku soal tarif jasanya. “Klien menyediakan ide, konsep serta budget yang dimilikinya. Setelah itu, biar aku yang mengalokasikannya, hingga sesuai dengan bujet dan keinginan klien tersebut,” terang gadis cantik berambut panjang ini.

Sejauh ini, kian banyak klien yang meminang C and Team. Mulai dari jasa pre-wedding, wisuda, sampai pembuatan Campaign untuk brand terkemuka. Tak hanya orang awam, artis pun kerap kali menggunakan jasanya. “Aku pernah ikut mendandani untuk video klip Ari Lasso, Ariel Tatum, Aura Kasih, Luna Maya,sampai video klip Agnes Monica,” tutur Cita. Inipun bisa dilihat di cinintasetyami.blogspot.com.

Berawal dari Hobi

Bisnis make up dan production house memang baru saja dirintisnya. Namun jangan ditanya soal hobi. Gadis yang karib disapa Cita ini sudah mengenal dunia make up sejak sekolah dasar. “The most beautiful makeup of a woman is her passion dan pada awalnya, aku suka melihat mama make up and i think my father also agree with me.haha ” kata Cita saat ditemui redaksi di Kampus Joseph Wibowo Center, Jalan Hang Lekir, Senayan, Jakarta Pusat, belum lama ini.

“Pada dasarnya, aku suka dengan dunia make up. Aku suka berburu dan mengumpulkan beragam jenis make up. Belajar mendandani pun cuma sekali, dan bukan kursus langsung. Setelah itu, aku hanya learning by doing, hingga akhirnya bisa make up,” terang gadis yang pernah terjun ke dunia seni tari, drum band sebagai mayoret, cheerleader dan masih mengisi waktu luangnya dengan modelling.

cininta

“Sharing makeup techniques while having many girls around me is one of  the best  part of my life” tutur Cita. Cita pun lalu mengajar make up dan juga pernah menjadi pembicara di seminar Universitas Indonesia Flawless Week. Tak hanya itu, sudah banyak media yang  memuat artikel tentang Cita termasuk Kapanlagi.com di dalam kolom Inspiring Woman.

Kliennya pun bertambah banyak. Mereka ingin merasakan sentuhan emas dari Cita ketika mendandani. “Semakin lama, aku kewalahan menghadapi pesanan yang kian melonjak. Lalu, aku berpikir untuk menjadikan hobi ini sebagai bisnis,” tukas Cita.

Hobi terpenuhi, bisnis pun berjalan lancar. Kendati begitu, uang tidak membuat Cita tergiur dan melupakan kuliahnya. Malah, kuliah inilah yang menjadi fokus bagi Cita. “Aku lebih konsentrasi ke kuliah. Baru saat lulus kuliah dan berikan ijazah ke orang tua, aku bedah potensiku dan memilih jalan yang ingin kutempuh,” tandas Cita.

“Tantangan buatku adalah bagaimana membagi kuliah dengan bisnis yang aku geluti saat ini. Pada akhir pekan yakni Sabtu dan Minggu, aku kurang lebih melatih  12 asistenku. Nah, dari Senin sampai Jumat aku kuliah, dan memenuhi kebutuhan akademis ku, asistenku yang bekerja dan menyambangi klien. Kalau keadan seperti ini, sesekali aku memantau ke lokasi dan melakukan koreksi. Tapi, aku lebih senang terjun langsung,” tutur Cita.

Hingga kini, sayap C and Team terus mengembang. Hal ini tak lepas dari peranan Cita yang selalu membuat inovasi dan menghadirkan ciri khas dari goresan make up-nya. “Aku ingin membuat wanita terlihat cantik, tidak menor dan sesuai umurnya. Aku ingin mereka terlihat seperti tidak pake make up dan natural. Sometimes to look natural we need make up. Itu ciri khasku,” katanya.

Ingin Bikin Brand Sendiri

Mimpi cita tidak berhenti sampai di situ. Dia berangan-angan ingin membuat brand sendiri seperti Victoria Secret, perusahaan retail dari Amerika Serikat yang menyediakan perlengkapan wanita. “Aku ingin membuat brand make up di bawah naungan C and Team. Tak cuma itu, namun semua yang berhubungan dengan jasa terkait kebutuhan wanita dan make up,” tuturnya.

Untuk kedepannya, Cita berharap bisa mengembangkan sayapnya lewat production house ini, agar diketahui masyarakat luas. “Aku ingin memberitahukan kepada orang bahwa sesuatu yang basic bisa menjadi suatu hal yang kreatif dan menghasilkan. Seperti hobiku yang berawal dari iseng-iseng ini,” ucap Cita.

“Selain itu, aku juga punya mimpi mengumpulkan orang-orang muda yang kreatif dan memiliki cita rasa tinggi hingga menjadi satu kesatuan. Alhasil, nantinya mereka bisa menghasilkan sesuatu yang menguntungkan dan bermanfaat bagi orang banyak,” ungkapnya.

Bagi mereka yang ingin membuka usaha, Cita punya beberapa tips. “Lakukan hal yang ingin kamu lakukan. Terkadang kita dihadapkan pada dua pilihan, yakni passion kita dan sesuatu hal yang tidak kita sukai. Nah, jalani saja kedua-keduanya. Pada akhirnya, kita akan tahu prioritas kita dan passion kita sesungguhnya,” terang Cita.(RA)

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

